viernes, abril 13, 2007

these golden years?

banyak orang yang bilang, dari sekian tahun sekolah, dari TK ampe S3, yang paling menyenangkan itu masa SMA.

benarkah???

hmm.

sekarang sih, aku lagi merasa enggan meninggalkan SMA. bukan, bukannya ga mau lulus.. tapi.. gimana ya? rasanya ini 'my comfort zone' atau 'zona aman' dalam hidup.

nyaris tiap pagi aku bangun dengan mengetahui dengan pasti harus ke sekolah, nanti bakal belajar apa, bakal ketemu siapa, dan aku menemukan kenyamanan dengan lingkungan sekitar. tahu bahwa hari ini akan dijalani di lingkungan yang nyaman itu. tahu, menyadari, fakta bahwa seburuk apapun jadinya hari itu, akan dijalani di lingkungan yang nyaman itu.

Gonzaga.

seriously, yang bikin jatuh cinta sama ni sekolah bukan sekolahannya. bukan sistemnya. bukan juga seragamnya yang cuma dress code. bukan pelajarannya *hoek*. tapi orang2nya. temen2nya. dan *beberapa* guru2nya.

aku merasa aman dengan mengetahui fakta bahwa sebete apapun di sekolah, tinggal colek Kansha yang duduk di depanku, ato nengok ke Nata yang duduk di blakangku, ato jb *istilah nyatuin meja di kelas* sama Manda di sebelah kiriku, ato mencerca Lole di sebelah kananku, ato ngajak chatting pake kertas sama Amita di serong-kiri-depan ku, ato becanda sama Lugas di serong-kanan-belakang ku, dll. banyak alternatif bukan??

istirahat masih juga bete? ada banyak temen2 dari kelas lain yang bisa disamperin buat diajak ngobrol.

pulang sekolah masih juga bete? tinggal pulang ke rumah trus tidur.

soal tugas. kalo lupa ngumpulin? tinggal nego sama gurunya. liat2 juga sih gurunya siapa. misal bu *pppiip sensor* terkenal suka ketat ngasih jadwal ngumpulin tugas. tapi rata2 sih bisa dinego.

pengalaman menghabiskan masa SMP di skolah negeri, senyebelin2nya guru di Gonz, ga ada apa2nya deh dibanding di negeri.

makanya bersyukur banget deh masuk ni skolah.

dan akhirnya jadi enggan meninggalkannya.

bentar lagi smua yang indah2 yang pernah dilalui di Gonz, smua orang2 yang bikin dunia indah itu, harus aku tinggalin. mulai di tempat baru. di lingkungan baru.

mungkin, enaknya jadi anak SMA itu karena kita udah dianggap cukup dewasa, cukup bertanggung jawab untuk diri sendiri, sehingga lebih 'dibebaskan'. misal, mungkin yang waktu SMP jam 6 paling ga harus uda di rumah, pas SMA mau pulang jam 10 malem juga ga papa.
tapi kita juga masih cukup muda untuk dimaklumi kalo berbuat salah. dimaklumi kalo belom bisa memikul tanggung jawab yang terlalu besar. umur nanggung yang enak. udah cukup dianggep dewasa, tapi masih bisa juga main2 dan berbuat seenaknya.

mungkin ini juga yang bikin aku mikir waktu itu, i don't wanna grow up.

nanti pas kuliah, blom tentu temen2nya seasik sekarang. blom tentu dosen2nya se-bersahabat, sepengertian guru2 sekarang. blom tentu bisa menghabiskan waktu bersenang-senang selalu kayak waktu kelas 2.
dan tanggung jawab tentunya lebih besar, karna lebih dewasa.

harus lebih mandiri, karna malu minta tolong perkara sepele sama ortu ato orang yang lebih tua.

oh. God. i will miss this life of mine.

SMA = masa keemasan? golden years?

for now i can say it's probably true.

No hay comentarios: