sábado, septiembre 13, 2008

Ujang dan Joko

rumah gue emang uda beberapa kali jadi kayak international housing gitu.
pernah nerima keluarga dari Jepang, Sakamoto family, yang anaknya Maika-chan lucu sekali..

Chita - Sakamoto Maika-chan - gue


selama di Indonesia, Maika malah maunya tidur sama gue sama Chita. anaknya hiperaktif dan cerewet, seru deh pokoknya.

pernah juga beberapa kali rumah gue jadi tempat homestay mahasiswa2 dari Thailand, sampe ada satu yang jadi deket sama keluarga gue sampe skarang yang namanya mbak Aur, skarang dia lagi ngambil S2-nya di Singapore. "Aur"nya itu pronouncationnya "e" kayak di kata "kemana". unik ya?

trus baru seminggu sebelum si Ujang dan Joko ini dateng, kakak ipar gue bawa rombongan temen2nya dari KIDS, organisasi Kyoto University yang keliling2 ngajarin tentang disaster prevention. tiap tahun mereka ke Indonesia, dan kemaren yang nginep di rumah ada Kiyono-sensei, Chojin, Nelson (orang mexico yang kuliah di jepang), sama Cuci. semuanya cowok dan rameee.

anyway, back to Ujang and Joko..

karna pengalaman jadi tuan rumah buat orang2 luar inilah, Chita, sepupu yang juga temen sekamar gue, yang kuliah di STBA LIA, nawarin ke nyokap gue mau terima mahasiswa homestay ga.
mereka ini penerima beasiswa dari depdiknas buat belajar bahasa dan kebudayaan Indonesia.
tiap tahun peserta program ini ada ratusan, dan disebar ke seluruh Indonesia dan mereka belajar di universitas2 yang kerjasama sama depdiknas.
di Jakarta, selain STBA LIA, ada juga yang ke Atmajaya, UI, sama mana lagi gitu.

akhirnya dateng deh Ujang dan Joko.
aslinya harusnya mereka tinggal di rumah gue 10 hari, tapi karna uda dapet kos2an jadinya mereka pergi lebih cepet.

anyways, Ujang nama aslinya Woojae Lee - Lee nama keluarganya.
dia kuliah di INHA University di Korea, jurusan Sejarah.
dia ikut program full, jadi bakal setahun disini.
Ujang ini bahasa inggrisnya susah banget pronouncationnya, jadi agak susah ngobrol sama dia. but he's very talkative, dia selalu ngajak ngobrol meski yaaaaa butuh konsentrasi ekstra buat ngerti omongannya. orangnya juga kadang suka lemot, tapi tetep seru kok ngobrol sama dia.

dia bilang orang Korea itu susah banget blajar bahasa Inggris, padahal perusahaan2 besar di Korea salah satu syarat biar bisa kerja disitu itu harus bisa english.
dia bilang ke gue, "so if i have english as good as you, i can get a job easy with a good position."

apa perlu gue pindah ke Korea aja?
hahahhahaa.

sementara kalo Joko bahasa inggrisnya bisa dibilang bagus dan jelas.
ternyata sebelum ikut program yang di Indonesia ini, dia uda ikutan program yang mirip tapi ke Amerika selama setahun, makanya englishnya jadi bagus.
beda sama Ujang, dia cuma disini selama 6 bulan.

Joko nama aslinya Katsuya Takahashi. Takahashi nama keluarganya.
dia kuliah di Tokyo International University, School of Language Communication.
orangnya lebih banyak diem tapi senyum2 melulu. trus disodorin makanan apa aja dilahap. ditawarin makan terus2an dia ga pernah nolak. tapi badan segitu-gitu aja!
trus dia jago main gitar, kalo nyanyi juga keren.
selama disini kulitnya luka2 karna dia garuk2 digigit nyamuk.
sampe akhirnya dikasih minyak tawon sama nyokap gue, baru mendingan trus luka2nya lumayan ilang. hahahhaa.

karna baru banget disini, mereka baru belajar bahasa Indonesia yang gampang2 aja, tapi kayaknya si Joko lebih cepet nangkep.
malem2 duduk di balkon rumah gue sambil ngolesin minyak tawon ke bentol2nya, dia bilang, "aku. benci. nyamuk."

gue sekluarga kan lagi puasa, jadi pas hari pertama mereka dateng, gue jelasin kalo ini bulan Ramadhan dan kita lagi puasa.
gue tawarin kalo mau ikut kita makan, ikut aja, jam 3 pagi sama 6 sore.
si Joko dengan tampang polos bilang, "3 o'clock in the morning? i think i'd prefer to sleep."
dia emang susah banget dibangunin. tidurnya kayak kebo parah. tidur jam 2-3 pagi, bangunnya jam 12 ato jam 1 siang. ckckckck.
pas gue tawarin mau coba ikut puasa ga, tanggepannya:
Joko: you don't eat from 4 in the morning until 6 in the evening?? *dengan cepat dan tegas* i don't think i can do it. (hobi makan)
Ujang: *ragu2* ehhhh.. sounds so hard.. (hobi rokok)
hahahaha.


overall, i had a lot of fun while they stayed here.
hampir tiap malem kita rame2 begadang sampe jam 1-2 pagi ngobrol2.
trus rame2 bikin sama makan ramen Korea yang Ujang beli waktu dia pergi jalan2 sama temennya.

kemaren gue sama Chita nelpon mereka berdua, ngundang mereka ke rumah buat ikut makan2 pas ulang tahun gue.
Joko: of course! we'll be there!
Ujang: (waktu gue tanya apa kabar) i'm fine, but i miss your family..

awwww..
so i guess i'll see you guys again on my birthday! =D

4 comentarios:

suryowidiyanto dijo...

wah senangnya.. btw kalo ada mahasiswi dari eropa or amerika gituh yang mau nginep dirumah saya juga boleh mbak, saya siappp... menampung (emang dasarrr) hehehe...

ayod dijo...

waduh.. skalian usaha mas cari jodoh? hehehe..
itu juga kebetulan dapet mahasiswa2 homestay.. entah kenapa jadi kebetulan bertubi-tubi.. ^.^'

Meizy dijo...

karena katsuya, aku jadi tambah mau belajar bahasa jepang.. hehe.. bareng yahh. guru dan murid sama-sama teman keciil. hehe..

ayod dijo...

ok.. tinggal cari waktunya nih Zy.. hehehe..