viernes, agosto 08, 2008

responsibility

kemaren, gue ngeliat tayangan berita yang sangat mengerikan.
gue lupa liat dimana, yang jelas isi beritanya ada balita umur 2 bulan yang meninggal saat nunggu giliran diperiksa di puskesmas.
bayi itu demam tinggi, makanya dibawa orang tuanya ke puskesmas.
tapi karna ga punya uang 20 ribu buat biaya pengobatan, akhirnya bayi itu dan orang tuanya harus ngantri lamaaa buat diperiksa. tapi akhirnya bayinya keburu meninggal pas nunggu.

gue terkesima ngedenger berita ini.

yang pertama muncul dipikiran gue:
kalo itu pasien gue, gimana perasaan gue???

oke, gue tau, meski sebagai dokter juga, kita ga punya kontrol atas nyawa orang lain.
kita menyelamatkan kalo emang bisa, tapi kalo emang takdirnya meninggal yaa mau apa.

meski gue berusaha menenangkan diri bahwa takdir emang cuman Tuhan yang bisa merubah, gue tetep pusing.
bagi temen2 yang sama2 lagi berjuang buat jadi dokter, kalo itu pasien kita, meninggal karna nunggu kita, dan ga kita layanin duluan karna orang tuanya ga punya uang, should we feel responsible?
should we feel responsible for not trying hard enough?
kalo itu terjadi ke gue, i don't think i'll ever forgive myself.
mungkin karna ini gue ga pengen jadi physician yang praktek..

setiap profesi pasti ada lah konsekuensinya..
tapi kalo gue denger cerita2 macem gitu, gue jadi ketakutan sendiri dengan konsekuensi yang ada pada profesi yang insyaAllah gue jalani kelak..
apa gue salah jurusan ya??? huhuhuhuhuhuhh..

on a bigger picture, masalah pelayanan umum macem begini yang menurut gue menjadi masalah besar di Indonesia.
no offense, tapi kok kayaknya banyak ya orang yang kerja yang harusnya untuk melayani orang lain, kadang malah bersikap semena-mena dan menyusahkan customer ato client-nya.
mereka lebih money-oriented, bekerja untuk uang.

dari dulu, ortu gue berusaha mendidik gue dan kakak gue bahwa pekerjaan itu bukan semata-mata buat cari uang, tapi juga buat dedikasi. cara lo sendiri buat berkontribusi ke masyarakat, negara, bangsa, dengan kemampuan yang lo punya.
karna kalo lo pinter sendiri, bisa jadi kaya sendiri dengan kemampuan lo itu, tapi ga berkontribusi ato membagikan hasilnya ke orang2 lain, buat apa?
bagus kan kalo bisa bermanfaat ke orang lain..

gue sangat sangat berharap bahwa dengan kuliah kedokteran dan insyaAllah bekerja sebagai dokter *amin amin AMIN* akan jadi cara gue untuk berkontribusi dalam masyarakat.
*ah gila bahasa gue..*

bulan lalu, gue baca2 majalah di pesawat, dan ada artikel yang keren banget..
artikelnya tentang sepasang suami-istri yang sama2 dokter gigi dari Singapore.
mereka setahun sekali pergi ke Kamboja bawa peralatan2 dentistry yang mereka punya, trus buka pelayanan gigi gratis di panti asuhan disana.
awalnya mereka berdua doang, tapi abis itu mereka ngajak mahasiswa2 fakultas kedokteran gigi universitas setempat buat jadi volunteer bareng mereka.
alasan mereka ngajak mahasiswa2 itu, seperti yang ditulis di artikelnya, supaya calon dokter2 gigi itu yang notabene anak2 Kamboja juga, bisa berkontribusi dan melayani masyarakat mereka sendiri yang kurang mampu.
kenapa di Kamboja, yaaa mungkin karna susah cari orang miskin yang perlu dibantu di Singapore kali yaaa.. hahahha.

kalo di Indonesia sendiri, banyak ya anak2 kedokteran ato kedokteran gigi yang bikin2 baksos gitu..

tapi menurut gue, spesialnya kegiatan sepasang dokter gigi itu, karna tiap taun mereka pergi ke panti asuhan yang sama.
stiap anak yang dilayani dibikinin dental record, rekam medis gigi mereka yang disimpen sendiri, jadi taun depannya lagi, kalopun dilayani volunteer yang beda, mereka tinggal nunjukkin dental record-nya dan bisa dipantau perkembangan penyakit atau pertumbuhan giginya.
gue yakin, sampe anak2 panti itu dewasa juga dan uda bukan anak panti asuhan lagi, dental record itu bakal berguna banget.

wow!

kalo mo susah payah bikin daerah2 binaan gitu yang ditangani setaun sekali aja di seluruh Indonesia, kayaknya bakal ngaruh banget ya..

oh, such a big dream..
=)

kesimpulannya:
God, please help me and my friends get through this hell-hole called med school so we can finally be someone who has the ability to help other people's health! amin.

No hay comentarios: