domingo, agosto 10, 2008

yo habla espanyol.. un poco.

waktu gue kelas 2 SMA, gue sempet les bahasa spanyol di pusat kebudayaan dan bahasa spanyol Aula Cervantes, lembaga kebudayaan resminya kedutaan gitu kalo ga salah.
jauh sih tempatnya dari rumah, tepatnya di lembaga bahasanya Univ Trisakti di grogol.

lesnya malem, tiap Selasa & Jumat. eh apa kamis ya? ah lupa. hehehhee.
di kelas rata2 ada 8 orang, tadinya ada cowonya satu, tapi abis itu cewe terus semua.
Senor (guru) pernah bilang ke gue kalo bertaun-taun dia ngajar bahasa spanyol, baru kali itu dapet murid anak SMA (gue).
isi kelas gue kebanyakan mba2 yang kerja jadi operator telponnya maskapai penerbangan.
ada yang kerja di garuda, singapore airlines, sama entah apalagi.
ada juga mba yang mo jadi novelis gitu.. ato emang novelis? lupa euy. hehehe.

gue yang tampangnya aja emang kliatan lebih muda dari umur yang sebenarnya (kalo ga mo bilang kayak anak kecil), jadi tambah keliatan muda diantara estudiantes (murid2) lain.
yaa gue jadi anak bawang gitu.
kalo pas gue dateng trus yang lain masih duduk2 di luar kelas sambil makan2, mereka bilang ke gue, "de, de, kamu minta ke senor yaa supaya kita masuknya ntar aja.. duduk2 aja dulu.."

ngoookkk.. gue sih manggut aja kayak kebo dicocok *eh dicucuk ya?* idungnya.
kan gue paling kecil.. yasudalah nurut aja. hehehe.
pas gue minta masuknya ntar aja ke senor-nya, doi cuman geleng2 sambil senyum, "yaampun, kamu pasti disuruh mereka ya?"

pengalaman gue les spanyol ini banyak anehnya.
mungkin karna untuk gue les spanyol di umur segitu juga aneh sih, alasannya pun karna gue tertarik aja tanpa ada alasan khusus. hehe.

sebenernya sih, gue mengakui kalo gue ga maksimal belajar bahasa spanyol ini, karna beberapa faktor..
kelasnya malem, dan gue biasanya masih banyak PR ato harus belajar buat ulangan.
gue ikut les ini waktu kelas 2, pas lagi banyak2nya ikut kegiatan di sekolah, jadi gue les ini malah buat refreshing, kebanyakan main2nya gue. hehehehe.

yang memperparah, temen2 sekelas gue itu emang yang kudu wajib harus serius belajarnya, karna mayoritas ikut les karna tuntutan pekerjaan.
sementara gue?
kalo les kadang masih pake seragam, disela-sela kelas gue sibuk ngerjain PR biologi, kalo ditanya senor jawabnya asal2an sesuai feeling aja. mehehehehe.

kadang kalo gue telat dateng, ditelpon sama senor-nya, "ayodya, kamu dimana?"
gue: lagi di jalan, senor..
senor: oh, mau kesini? *nada senang*
gue: hehehehe.. ga.
senor: *bingung* lho?? mau kemana?
gue: mau jalan2 sama Mama.
senor: ????!!!! *mungkin dalem hati: dasar bocah!*

puncaknya waktu ujian, itu pas gue lagi liburan sekolah.
senor-nya bilang ke gue kalo gue ikut ujiannya yang malem kasian gue-nya karna jauh.
berhubung gue libur, katanya datengnya pagi aja.

masuk deh ruang ujian, peserta pertama dan satu2nya. jadi ujiannya bener2 one-on-one sama senor.
pertama-tama langsung listening.
gue di kasih kertas, trus disuruh tulis apa yang gue denger untuk tiap nomer.
pas diputer rekamannya, gileeeee orang kumur2 sambil ngebut di mobil gitu suaranya.
gue langsung pasrah.
rekamannya diulang sampe 3 kali, gue uda sibuk gambar2 doang di kertas jawaban gue. hehehe.

pas selesai, senor-nya senyum trus bilang,
"oke ayodya, mana sini kertas jawaban kamu. bisa semua kan?"

hening.

senor: yaampun ayodya!! kenapa ini, kenapa?? *mencoba ga histeris*
gue: *tampang sok innocent sambil cengar-cengir garuk2 kepala* hehehehe. abis ga kedengeran apa2 senor.
senor: masa sih??? kamu ga merati'in mungkin??
gue: cepet banget ngomongnya senor..
senor: duh. kita coba lagi ya..

akhirnya tu rekaman diulang berkali-kali, sambil diucapin juga sama senor.
yaaa 7 jam kemudian, (ya ga lah!) akhirnya gue berhasil nyelesaiin listeningnya, dengan ngasal beberapa jawabannya.
lumayan juga ternyata perjuangan dan kesabaran senor gue bikin gue cuman salah 2 ato 3 gitu?

abis itu written testnya ada yang multiple choice, ada yang isian..
ngasal sana-sini..
bagian terakhirnya ada essay, disuruh tulis satu paragraf, minimal 6 kalimat.
ada beberapa pilihan tema, yang pertama: mi personalidad.
gue langsung pilih yang itu, berhubung tampaknya paling gampang.

gue cuman nulis dalam spanyol ngasal:
me llamo ayodya heristyorini. yo soy estudiante en Kolese Gonzaga, Yakarta.
(tunggu, tunggu, gue lupa)
intinya berikutnya gue cuman nulis: saya tinggal di Depok. saya tinggal bersama orang tua saya. saya punya satu kakak laki2 (hermano).
trus apa ya? gue les di aula cervantes ato apa gitu.

pas gue uda mulai keliatan ngantuk, senor gue nge-cek lagi, masih dengan sabarnya, "gimana ayodya? bisa kan ujiannya?"
gue: hmmhh?? *tampang ngantuk*
senor: gimana, ada yang susah?
gue: semuaaa..
senor: lhooo??? *ngeliatin jawaban2 gue* ini kamu lumayan kok.. bisa kan?
gue: ngasal..
senor: ???!!!! *berusaha menyelamatkan keadaan* kalo essay kamu gimana? coba coba bacain..
gue: bacain??!!

gue bacain deh paragraf gue.
pas selesai, senor gue diem.
gue diem.

senor: . . . lho, udah?
gue: udah. *tampak puas*
senor: udah??! gitu aja?
gue: iya. 6 kalimat kan senor?
senor: *tampang pusing* iya sih.. duh tapi kamu ga mau tambahin lagi?
gue: hmm.. *sok mikir* gak.
senor: hobi ato apa?
gue: oh iya, hobi! *sibuk nulis*

yaaa pada akhirnya tampaknya babak belur hasil ujian gue.
itu pun pas ujiannya udah dibantu senor gue dengan sedemikian rupa.
gue uda pasrah ga naik level.

tapi ternyata tiba2 ditelpon senor, disuruh ambil sertifikat naik tingkat.
gue ga percaya gitu, "emang saya lulus, senor?"

sayangnya, untuk level berikutnya, katanya salah satu kelasnya, yang hari jumat malem kalo ga salah, mau dipindah ke sabtu pagi karna murid yang kerja kalo jumat malem capek katanya.
kalo sabtu pagi kan gue sekolah, jadi ga bisa nerusin les-nya deh..
lagipula gue pas mo kelas tiga tuh, disuruh ortu konsen ke sekolah..

meski gue banyak dodolnya ngejalaninnya, sebenernya gue seneng les spanyol itu..
tapi apa mo dikata, kondisi ga memungkinkan buat nerusin..

sekarang, karena kuliah padat, makin susah cari waktu kalo mau les2 gitu lagi..
ahhh tapi pengen sih belajar bahasa asing lagi. mungkin cari bahasa lain kali ya..
*halah, gaya. padahal spanyolnya aja masih selevel bayi*

mungkin di taun kedua kuliah ini gue mau ambil les bahasa asing lagi, meski belom tentu spanyol karna yang kemaren tempatnya jauh dan macet.
doakan saja ya! =)


p.s.
wah jadi kangen sama senor dan kakak2 yang dulu sekelas.. =)

11 comentarios:

Anónimo dijo...

nggak minat les bahasa prancis dek? heheheheheeee. eh lo kuliah dmn sih yod?

ayod dijo...

waduh, katanya lafal-nya susah ya Dhay?
hehehe..
gue kuliah di yarsi..

Anónimo dijo...

nggak sih yod..
grammarnya lebih susah. hahahaha

kedokteran yarsi yod?

ayod dijo...

aduh.. males duluan gue.. ehhehe..
bahasa inggris aja grammar masih acak adul.. haha..

iya, kedokteran yarsi, bareng Mahisa Taradika alumni smansa, kenal ga Dhay?

Anónimo dijo...

iya yod, kenal..
salam ya buat dia. makin keling aja tu anak. hahahaha

oya yod, semester ini tadinya gw dah milih espanyol loh sbg MK pilihan, tp nggak jadi. hehe.

ayod dijo...

kok ga jadi Dhay, kenapa?
seru lohh.. hahaha..

Anónimo dijo...

iya soalny aitu kan MK pilihan, msh ada MK wajib yg lbh penting. hoho. sm t dpn aja deh gw ambilnya :]

ayod dijo...

ok.. nanti kalo butuh2 bantuan kasih tau aja yaa.. hoho..
*halahhh gaya banget gue, spanyol selevel bayi aja. hahaha*

Anónimo dijo...

haha ok deh senor.. hehe:D

nisa dijo...

itu bukannya harusnya '(yo) hablo espanyol' ya? hablo... maap klo salah..saya br aj bljr spanish...makasih

ayod dijo...

@ Nisa:
iya, harusnya yo hablo espanyol.. ga lama abis ngepost ini ada yg ngingetin tp akhirnya aku biarin aja, makin nunjukkin kan, ujian naik level aja ngasal2.. hahaha.
makasih ya.. :)
blajar spanish dimana? :)